Syarat Masuk Tamtama Polri dan Cara Daftarnya

Syarat Masuk Tamtama Polri dan Cara Daftarnya

Tamtama Polri adalah tidak benar satu pangkat yang dimiliki seorang polisi. Kapolri pun sudah mengumumkan bahwa mengakses penerimaan Tamtama Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2023. Pendaftaran ini sudah diakses jadi 12-21 September 2022. Sebagai anggota tamtama polri sudah sudah pasti anda dapat punyai hak dan kewajiban sebagai anggota kepolisian yang mesti ditaati dan dijalankan. Nah, untuk mendaptar tamtama ini ada syarat yang mesti anda penuhi. Apa saja syarat masuk tamtama polri? Bagaimana cara dafarnya?

Bagi anda yang sudah buat persiapan diri dengan sebaik barangkali sudah sudah pasti tertarik untuk mendaftar. Proses pendaftaran awal dilaksanakan secara proses daring melalui web penerimaan.polri.go.id. Pendaftaran ini diakses untuk umum seluruh warga negara Indonesia yang sudah memenuhi lebih dari satu syarat yang ada. Pendaftaran tamtama yang diakses diantaranya untuk mendaftar sebagai Tamtama Brimob dan Tamtama Polair. Untuk pendaftaran gelombang 1 ini dapat terima 1.600 orang anggota, dengan rincian 1.500 Tamtama Brimob dan 100 Tamtama Polair.

Baca Juga: Syarat dan Tata Cara Pendaftaran TNI 2022

Penasaran apa saja syarat masuk tamtama? Ketahui syarat masuk Tamtama Polri dan cara daftarnya di ulasan selanjutnya ini TIPS JITU AGAR LULUS DALAM SELEKSI PENERIMAAN POLRI .

Syarat Masuk Tamtama Polri

Syarat Masuk Tamtama Polri dan Cara Daftarnya, Foto: Unsplash.

zoom-in-white

Perbesar

Syarat Masuk Tamtama Polri dan Cara Daftarnya, Foto: Unsplash.

Dikutip dari buku All In One Tes Masuk TNI Polri 2015 karya Tim Edukasi Indonesia (2015: 54), POLRI merupakan anggota pertahanan Indonesia yang sangat penting. Dahulu smepat menjadi satu dengan TNI, tapi gara-gara ada perbedaan kegunaan maka dipisah. Memang POLRI lebih cenderung terhadap pengamanan bangsa dan negara supaya lebih ke dalam. POLRI tidak dibagi menjadi begitu banyak ragam jenis, tapi jenjang kepangkatannya begitu banyak ragam layaknya TNI. Berikut syarat masuk tamtama Polri: Polri Buka Lowongan 9.284 Bintara Lulusan SMA

Persyaratan umum

Warga negara Indonesia.

Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan UUD 1945.

Berijazah paling rendah SMA/sederajat.

Usia sekurang-kurangnya 18 th. pas dilantik menjadi anggota Polri.

Sehat jasmani dan rohani.

Tidak pernah dipidana (dibuktikan dengan menunjukkan SKCK).

Berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Persyaratan khusus les kedinasan

Persyaratan Khusus Penerimaan Tamtama Polri 2022:

1. Pria bukan anggota/mantan anggota Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI.

2. Memiliki ijazah:

- Tamtama Brimob: SMA/MA/SMK seluruh jurusan terkecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan Paket A dan Paket B) dengan lebih dari satu syarat Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) di pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA) dengan lebih dari satu syarat lulus.

- Tamtama Polair: SMA/MA/SMK seluruh jurusan (diutamakan SMK Pelayaran/Perkapalan) terkecuali jurusan Tata Busana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan Paket A dan Paket B) dengan lebih dari satu syarat lulus SMK Jurusan Pelayaran dengan lebih dari satu syarat lulus Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM/setingkat SMA) terhadap pondok pesantren dan lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/setingkat SMA) dengan lebih dari satu syarat lulus.

3. Minimal berusia 17 th. 7 bulan dan maksimal berusia 22 th. pas mengakses pendidikan.

4. Minimal punyai tinggi badan 165 cm untuk pria dan khusus ras melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) tinggi sekurang-kurangnya adalah 163 cm.

5. Tidak bertato dan tidak punyai tindik telinga atau anggota badan lainnya, terkecuali berdasarkan ketentuan agama/adat.

6. Dinyatakan bebas narkoba berdasarkan hasil kontrol kesehatan oleh Panpus/Panda.

7. Tidak menolong atau ikut di dalam organisasi atau sadar yang bertentangan dengan Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

8. Tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma agama, kesusilaan, sosial, atau norma hukum.

9. Membuat surat pernyataan bermaterai yang isinya bersedia ditempatkan di seluruh lokasi NKRI dan ditugaskan terhadap seluruh bidang tugas kepolisian.

10. Membuat surat pernyataan bermeterai tidak dapat mempercayai pihak-pihak yang menawarkan, menjanjikan dan menjamin mampu menolong meluluskan di dalam proses seleksi.

11. Berdomisili sekurang-kurangnya 2 th. di lokasi Polda area mendaftar secara sah baik itu administrasi atau fakta, terhitung dari pembukaan pendidikan dengan melampirkan KTP/Kartu Keluarga.

12. Belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat dan mampu tidak menikah sepanjang menekuni pendidikan pembentukan.

13. Bersedia menekuni Ikatan Dinas Pertama (IDP) sepanjang 10 th. terhitung jadi pas diangkat menjadi Tamtama Polri.

14. Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali.

15. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan lembaga lain.

16. Calon Tamtama yang dinyatakan lulus terpilih melampirkan kartu BPJS Kesehatan dan sudah beroleh vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster).

17. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai:

- Mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi

- Bersedia diberhentikan dari standing pegawai seandainya di terima dan mengikuti pendidikan pembentukan Tamtama Polri

- Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian dengan proses gugur dan/atau ranking.

Cara Daftar Tamtama Polri

Membuka web penerimaan anggota Polri di link penerimaan.polri.go.id.

Memilih jenis seleksi Tamtama Polri di halaman utama situs.

Mengisi formulir registrasi dengan identitas pendaftar, memasukkan NIK yang sudah terdaftar di Dinas Dukcapil, identitas orangtua dan info lain sesuai format.

Setiap pendaftar mesti berikan data yang benar dan akurat terhadap formulir registrasi online dan mengecek kembali.

Setelah isi formulir registrasi online, pendaftar dapat beroleh nomor registrasi memuat username dan password.

Gunakan username dan password untuk login menuju halaman dashboard pendaftar yang memuat fitur untuk mengecek informasi pertumbuhan dan nilai masing-masing tahapan seleksi pendaftar.

Mengunggah berkas pendaftaran yang diperlukan di halaman yang disediakan.

Pendaftar dapat mendapat hasil cetak formulir registrasi online untuk verifikasi di Polres

Batas pas verifikasi data pendaftar terhitung sepanjang pendaftaran onlin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paving Block: Inovasi Terbaru Desain Permukaan Jalan dan Trotoar

Strategi Efektif: 12 Cara Mempercepat Kemajuan Belajar Bahasa Inggris

Miliader Hong Kong Investasi di Tim Baru F1 2026